Sabtu, 26 Oktober 2013

TUTORIAL BERMAIN BASS (HADROH) Part I

TUTORIAL BERMAIN BASS (HADROH)
(DASAR)
A.    Sekilas Tentang Bass Hadroh

Pada Dasarnya Bass Hadroh adalah alat musik tambahan pada Kesenian Musik Hadroh. Kesenian Musik Hadroh adalah suatu kesenian musik perkusi yang dimainkan oleh suatu kelompok atau grup yang beraliran Religius atau Musik Religius, alat yang dimainkan antara lain Terbang (Rebana/Ad-Duff) sebagai alat utama yang dalam memainkannya memakai sistim kolaborasi dua hingga lima terbang, namun bisa juga dimainkan secara kelompok besar yang terdiri dari banyak terbang.


Pada zaman sekarang Kesenian Hadroh menggunakan alat tambahan, salah satunya berupa Bass, Bass dalam kesenian Hadroh berupa medan tabung dengan dua lubang yang salah satunya ditutup dengan komponen mika ataupun kulit binatang, hampir seperti bedug tetapi berukuran agak kecil dan memiliki stand sehingga mudah diletakkan. Cara memukulnya pun menggunakan alat pukul dimana pemain bass dalam keadaan duduk.

Mengenai suara Bass Hadroh adalah Mati (tanpa gaung) namun Tebal hampir menyerupai suara Kick Bass pada Drum, Bass Hadroh bersuara demikian karena Musik Hadroh pada umumnya tergolong Musik Cepat (Speed).

Pengaplikasian Bass Hadroh dalam Kesenian Hadroh adalah dengan cara berkolaborasi dengan alat lain (minimal satu). Alat yang paling primer dalam penggunaan Bass Hadroh adalah Tam-tam atau Bass partner, alat ini paling sering digunakan untuk berkolaborasi dengan Bass Hadroh walaupun dalam pengaplikasiannya pada Kesenian Hadroh akan berkolaborasi dengan semua alat tetapi Bass Hadroh akan membawa irama jika berkolaborasi dengan Tam-tam. Dalam tutorial ini akan kita bahas tentang tata cara bermain Bass Hadroh sekaligus Tam-tam (Bass partner).

B.     Cara Memainkan

Bermain Bass Hadroh termasuk kategori mudah dipahami namun akan terlalu sulit jika sang pemain adalah orang yang tidak memiliki intensitas seni atau orang yang belum mengerti musik Hadroh.

Berikut cara memainkan bass secara profesional atau yang sering dilakukan oleh grup-grup Hadroh ternama seperti Ahbaabul Musthofa.

Pertama dianjurkan melakukan pemanasan kecil supaya otot tangan menjadi panas dan mudah bergerak, selanjutnya adalah tentang tata cara memegang stick (pemukul), agar tidak mudah lelah peganglah stick secara rileks, mirip cara memegang stick drum.

Cara memukulnya adalah dengan mengayunkannya tepat ke arah komponen bunyi pada Bass (muka Bass), terlalu banyak tenaga saat memukul sangat tidak dianjurkan karena akan menimbulkan kelelahan luar biasa.
Step berukutnya adalah tentang pengaplikasian dalam grup, alat Bass dimainkan dengan berkolaborasi dengan Tam-tam sehingga menimbulkan sebuah irama yang akan menjadi iringan dari Musik Hadroh. Alunan Musik Hadroh akan terasa indah jika kolaborasi Bass-Tam-tam dan Terbang sangat harmonis, sehingga saat ini menjadi Musik yang unik dan populer dikalangan remaja Islam.

C.     Langkah-langkah dalam kolaborasi

1.      Step Awal (Song Open)
Dalam sebuah lagu bertajuk terbang atau menggunakan ritm terbang biasanya kolaborasi Bass-Tamtam mengawali harmoni baik penempatan vokal masuk terlebih dahulu ataupun instrument yang terlebih dahulu. Pada dasarnya saat memulai harmoni Tam-tam terlebih dahulu dibunyikan yang dilanjutkan kolaborasi primer dengan Bass dan kolaborasi skunder dengan Terbang.

Berikut adalah berbagai bentuk pukulan dasar untuk Song Open.
(contoh-contoh dapat didownlod dengan meng-klik Sample)


Song Open sangat bervariasi, biasanya para pemain Tam-tam mempunyai cara sendiri yang digunakan untuk Song Open dan mungkin para pembaca mempunyai cara andalan yang bagus.

2.      Step Ritm (Kembangan/Bawanan)
Step ini merupakan step penting dalam sebuah lagu dimana sang vokal mulai melantunkan lagu.
Berikut adalah berbagai contoh pukulan Ritm Hadroh.
(contoh-contoh dapat didownlod dengan meng-klik Sample)


Pukulan Ritm tidak harus sesuai dengan dasar namun yang terpenting adalah berirama seimbang dan datar.

3.      Step Reff
Dalam step Reff tingkat emosi akan lebih meninggi pada pelantunan lagu, begitu juga pada instrument dimana pada step ini biasanya irama Bass akan mudah bergaya atau bervariasi tambahan. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah cara pukulan berirama yang seimbang tetapi dalam tingkat emosi yang lebih tinggi.

Berikut adalah contoh-contoh irama Reff.
(contoh-contoh dapat didownlod dengan meng-klik Sample)


4.      Fill Middle, Fill In, dan Fill Out
Berpindah pangkat atau biasa disebut Fill dalam Musik merupakan Instrumen pergantian dari sebuah step ake step lain taupun sebuah variasi step. Fill dalam Hadroh terbagi menjadi tiga, yaitu Fill Middle, Fill In, dan Fill Out.

-          Fill Middle hampir mirip perpindahan pangkat tetapi hanya variasi ditengah-tengah step.


-          Fill In, adalah perpindahan dari step emosi rendah ke step emosi tinggi atau dari Step Ritm ke Step Reff.


-          Fill out, adalah perpindahan dari step emosi tinggi ke step emosi rendah atau dari Reff ke Ritm dan juga untuk mengakhiri instrument lagu.


Semua Fill dapat bervariasi sesuai keteramplan pemain, seperti Drible Bass atau yang lainnya.

Silahkan Download Tutorial disini dalam format Word
dan Disini dalam format RAR (Tutorial + Bahan)